PBSID FKIP UMS

Rabu, 29 Februari 2012

PERUBAHAN JADWAL KULIAH


BERLAKU MULAI SENIN, 5 MARET 2012
DOSEN PENGAMPU: LAILI ETIKA RAHMAWATI, S.Pd. M.Pd.
HARI
JAM KE-
KELAS
RUANG
SELASA
3-4
EVALUASI 6F (SMT 8)
C 3.6

5-6
EVALUASI 6C
C 3.6

7-8
INDONESIAN FOR ACADEMIC WRITING RSBI BIOLOGI
D 1.10
RABU
3-4
EVALUASI 6E (SMT 8)
S5

5-6
STRATEGI 4F
HALL 2

7-8
STRATEGI 4G
HALL 2

9-10
STRATEGI 4H
HALL 2
KAMIS
5-6
STRATEGI 4E
S7

7-8
STRATEGI 4I
HALL 2

9-10
STRATEGI 4D
HALL 2
JUMAT
3-4
EVALUASI 6B
C2.5

5-6
EVALUASI 6D
C2.5

7-8
EVALUASI 6A
C2.5

KETERANGAN:
MAHASISWA YANG JADWAL KULIAHNYA  BERSAMAAN DENGAN MATA KULIAH LAIN BISA MENYESUAIKAN UNTUK PINDAH KE KELAS LAIN YANG SATU ANGKATAN

CONTACT PERSON: 085647020367

SEMOGA BISA BERJALAN LANCAR 

Selasa, 28 Februari 2012

Tugas Perdana Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia


PETUNJUK
1.      Kerjakan soal berikut ini dengan menggunakan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah (menggunakan rujukan yang jelas).
2.      Referensi minimal 5 (boleh dari buku, terbitan berkala ilmiah, laporan penelitian, dan/ atau internet).
3.      Referensi harus mutakhir (maksimal 10 tahun terakhir).
4.      Referensi difotokopi bagian sampul, identitas buku, dan halaman yang dikutip.
5.      Bagian yang dikutip diberi tanda (digaris bawah atau distabilo) untuk mempermudah pengecekan.
6.      Tugas diketik rapi pada kertas HVS, ukuran A4, dengan jarak 1,5 spasi, bentuk huruf times new roman, margin kiri 4, kanan 3, atas 4, dan bawah 3 dan dibuat power point.
7.      Tugas tidak perlu dijilid cukup distraples bagian kiri atas.
8.      Tugas dikumpulkan pada pertemuan ke-2.
SOAL
1.      Tentukan makna istilah-istilah berikut ini sehingga jelas perbedaannya!
a.                   pendekatan
b.                   metode
c.                    teknik
d.                  strategi
e.                   model
f.                    taktik
g.                  belajar
h.                  mengajar
i.                    pengajaran
j.                   pembelajaran

2.      Sebut dan jelaskan komponen-komponen pembelajaran!

Keberagaman tugas yang dikumpulkan menunjukkan bahwa Saudara adalah mahasiswa yang 
kreatif dan percaya diri

                         Selamat mengerjakan semoga sukses

Kontrak Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia


Dosen Pengampu: Laili Etika Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Kompetensi:
1.       Mahasiswa memahami hakikat strategi pembelajaran.
2.       Mahasiswa mampu mengetahui kualifikasi, peran, kedudukan, dan kompetensi guru.
3.       Mahasiswa mampu mendeskripsikan beberapa pendekatan pembelajaran (PAIKEM dan kontekstual)
4.       Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
5.       Mahasiswa mampu menyusun strategi pembelajaran kemampuan berbahasa dan bersastra

Materi Perkuliahan:
1.      Makna istilah pendekatan, metode, strategi, teknik, model, dan taktik
2.      Makna istilah belajar, mengajar, pembelajaran
3.      Komponen pembelajaran
4.      Kualifikasi, peran, kedudukan, dan kompetensi guru
5.      Pendekatan PAIKEM dan kontekstual
6.      Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia
7.      Ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia
8.      SKKD bahasa Indonesia
9.      Keterpaduan antaraspek PBSI
10.  Macam-macam metode pembelajaran
11.  Skenario pembelajaran

Referensi:

Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasai. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Silberman, Mel. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif (diterjemahkan oleh Sarjuli, dkk.). Yogyakarta: YAPPENDIS.

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka. (wajib)

Sugiyanto. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Proses dan Produk Perkuliahan
  1. Mahasiswa membuat resume dan power point tentang materi perkuliahan.
  2. Mahasiswa menyusun skenario pembelajaran SKKD berbahasa dan SKKD bersastra
  3. Mahasiswa praktik mengajar di depan kelas

Evaluasi
1.      Evaluasi proses            : kuantitas dan kualitas proses perkuliahan.
2.      Evaluasi produk          : pengembangan skenario dan praktik mengajar.
3.      Tes       akhir  : terjadwal.

Persentase
5%: presensi
15% tugas 1
15% tugas 2
30% UTS
35% UAS

Terima kasih jika anda mengerjakan semua ini dengan senang hati, ikhlas, sungguh-sungguh, menegakkan kejujuran ilmiah, tepat waktu, dan terkoordinasi dengan baik. Inilah  bentuk ibadah dari makhluk kepada Sang Khaliq.