PBSID FKIP UMS

Rabu, 14 Maret 2012

ADAPTASI BENTUK TES INTERNATIONAL ENGLISH LANGUAGE TESTING SYSTEM (IELTS) SEBAGAI INSTRUMEN PENGUKUR KOMPETENSI KOMUNIKATIF BERBAHASA INDONESIA


Abstrak
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberi solusi terhadap permasalahan penilaian kompetensi berbahasa Indonesia yang dewasa ini masih cenderung bersifat diskret. IELTS merupakan salah satu bentuk tes kemahiran berbahasa yang terstandar secara internasional yang terdiri atas tes menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Berdasarkan kajian pustaka yang penulis lakukan, tes kompetensi komunikatif berbahasa Indonesia dapat diadaptasi dari bentuk tes IELTS. Hal ini dapat dilakukan karena beberapa alasan, di antaranya adalah: (1) empat keterampilan berbahasa diujikan secara komprehensif; (2) bentuk soal bermacam-macam; (3) cara menjawab soal tes dengan menulis pada lembar jawab yang sudah disediakan (tidak memilih jawaban yang telah disediakan); dan (4) secara implisit bentuk tes ini juga menguji kemampuan kebahasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar