PBSID FKIP UMS

Selasa, 28 Februari 2012

Kontrak Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia


Dosen Pengampu: Laili Etika Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Kompetensi:
1.       Mahasiswa memahami hakikat strategi pembelajaran.
2.       Mahasiswa mampu mengetahui kualifikasi, peran, kedudukan, dan kompetensi guru.
3.       Mahasiswa mampu mendeskripsikan beberapa pendekatan pembelajaran (PAIKEM dan kontekstual)
4.       Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
5.       Mahasiswa mampu menyusun strategi pembelajaran kemampuan berbahasa dan bersastra

Materi Perkuliahan:
1.      Makna istilah pendekatan, metode, strategi, teknik, model, dan taktik
2.      Makna istilah belajar, mengajar, pembelajaran
3.      Komponen pembelajaran
4.      Kualifikasi, peran, kedudukan, dan kompetensi guru
5.      Pendekatan PAIKEM dan kontekstual
6.      Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia
7.      Ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia
8.      SKKD bahasa Indonesia
9.      Keterpaduan antaraspek PBSI
10.  Macam-macam metode pembelajaran
11.  Skenario pembelajaran

Referensi:

Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasai. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Silberman, Mel. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif (diterjemahkan oleh Sarjuli, dkk.). Yogyakarta: YAPPENDIS.

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka. (wajib)

Sugiyanto. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Proses dan Produk Perkuliahan
  1. Mahasiswa membuat resume dan power point tentang materi perkuliahan.
  2. Mahasiswa menyusun skenario pembelajaran SKKD berbahasa dan SKKD bersastra
  3. Mahasiswa praktik mengajar di depan kelas

Evaluasi
1.      Evaluasi proses            : kuantitas dan kualitas proses perkuliahan.
2.      Evaluasi produk          : pengembangan skenario dan praktik mengajar.
3.      Tes       akhir  : terjadwal.

Persentase
5%: presensi
15% tugas 1
15% tugas 2
30% UTS
35% UAS

Terima kasih jika anda mengerjakan semua ini dengan senang hati, ikhlas, sungguh-sungguh, menegakkan kejujuran ilmiah, tepat waktu, dan terkoordinasi dengan baik. Inilah  bentuk ibadah dari makhluk kepada Sang Khaliq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar